Manfaat investasi pada unit link

Jangan salah, unit link bukanlah suatu produk atau instrumen investasi. Unit link adalah inovasi dari produk asuransi jiwa yang mengkombinasikan asuransi dengan manfaat investasi. Jadi yang menjadi fokus produk ini tetaplah proteksi atau asuransi, bukan investasi. 

Berikut ini beberapa manfaat investasi yang diaplikasikan di dalam unit link:
1. Membayar biaya-biaya asuransi
Ini adalah fungsi dasar dari unsur investasi pada unit link. Sebagian premi diinvestasikan utk pengembangan dana yg akan membayar biaya asuransi selama masa asuransi.

2. Membuat premi menjadi flat
Pada asuransi konvesional berjangka, premi perpanjangan lebih mahal dari sebelumnya mengikuti pertambahan usia. Namun pada unit link, dana hasil investasi membuat premi dapat dibuat flat.

3. Memperpendek masa pembayaran premi
Pada unit link, dengan asumsi hasil investasi tertentu, jangka waktu pembayaran dpt diperpendek. Sementara pada asuransi konvensional tertanggung harus membayar premi selama masa asuransi.

4. Mengembangkan dana
Hasil pengembangan dana investasi dapat berfungsi sebagai cadangan dana darurat yg dapat dicairkan sewaktu-waktu.

PERHATIAN:
Unit link bukanlah instrumen investasi dan fokus tetap kepada proteksi/asuransi. Hasil investasi unit link cenderung lebih rendah dari instrumen investasi lain karena orientasinya bukan untuk mencari return setinggi-tingginya dan mengabaikan resiko. Melainkan berusaha mencapai return optimal dan tetap berhati-hati terhadap resiko.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan sampaikan komentar, saran, atau kritik anda disini. terima kasih atas partisipasinya.