Siapa yang perlu memiliki asuransi jiwa

Pada dasarnya semua orang perlu memiliki asuransi jiwa. Namun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing orang. 

Alasan utama kenapa seseorang perlu memiliki asuransi jiwa adalah melindungi orang-orang yang secara finansial tergantung kepadanya. Sebagai contoh seorang ayah kepada istri dan anak-anak yang ditanggungnya. 

Asuransi jiwa diambil terutama bukan untuk manfaat orang yang akan meninggal, tapi untuk melindungi orang-orang (keluarga) yg ditinggalkan agar tetap bisa melanjutkan hidup setelah dia meninggal dunia.

Setidaknya ada 3 kelompok orang yang sangat perlu memiliki asuransi jiwa, yaitu:
  1. Orang yang memiliki tanggungan ekonomi. Misalnya ayah sebagai pencari nafkah utama, perlu melindungi keluarganya apabila dia meninggal terlalu cepat. Begitu juga sebaliknya atau aplikasi pada kasus lain.
  2. Orang yang memiliki utang. Orang yang berutang perlu memiliki asuransi jiwa minimal sejumlah utangnya. Sehingga jika dia meninggal dunia sebelum utang dilunasi, tidak menjadi beban keluarga yg ditinggalkan.
  3. Orang yang hendak mempersiapkan warisan dan biaya apabila dia meninggal kelak. Orang tua yang bijak akan berusaha mempersiapkan warisan untuk membantu meringankan beban anak-anaknya di masa depan. Dan mempersiapkan sejumlah uang untuk biaya kematian apabila dia meninggal nanti. Sehingga tidak akan membebani keluarga yang ditinggalkan.
  4. dan lain-lain  


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan sampaikan komentar, saran, atau kritik anda disini. terima kasih atas partisipasinya.